RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Produktif Teknik Komputer Jaringan
Kelas / Semester : X / 1
Pertemua ke- : --
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
Kompetensi Dasar : Mengisolasi Permasalahan
Indikator :
1) Siswa mampu melakukan pemeriksaan terhadap komputer yang bermasalah sesuai dengan urutan yang benar.
2) Sisiwa mampu mengisolasi permasalahan sehingga penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan benar.
I . Tujuan Pembelajaran
1) Peserta diklat mampu melakukan pemeriksaan terhadap komputer yang bermasalah sesuai dengan urutan yang benar.
2) Peserta diklat mampu mengisolasi permasalahan sehingga penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan benar.
II . Materi Ajar
Mengisolasi Permasalahan
Untuk mendiagnosis permasalahan komputer, pada modul sebelumnya telah dilaksanakan beberapa bagian. Jika penyelesaian tersebut disusun, maka akan mejadi serangkaian langkah yang terstruktur.
Adapun langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan komputer tersebut adalah sebagai berikut :
1) Mengidentifikasi permasalahan
Masalah yanga ada diidentifikasi dengan beberapa prosedur, diantaranya, melalui POST.
2) Menganalisis permasalahan
Pesan/peringatan kesalahan yang ditunjukkan melalui POST atau pun oleh komponen lain dikomputer dianalisis letak atau sumber komponen yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan.
3) Mengklasifikasikan permasalahan
Melakukan pengelompokkan permasalahan, dapat dilakukan berdasarkan hardware, software atau permasalahan itu sendiri.
4) Menentukan hipotesa awal penyebab masalah
Dengan mengklasifikasikan suatu permasalahan, maka dapat ditentukan hipotesa awal bagian yang bermasalah dan penyebab masalah. Hal ini dipakai sebagai acuan untuk mencari cara yang tepat dalam mengatasi masalah dan mencegah timbulnya kembali masalah yang sama.
5) Mengisolasi permasalahan
Masalah yang sudah diklasifikasikan, difokuskan pada ruang lingkup yang lebih kecil. Ini untuk memudahkan menemukan sumber masalah, dan tidak terjadi salah dalam menangani masalah. Misalkan kerusakan terjadi pada CD ROM, tetapi penanganan dilaksakan pada masalah VGA Card.
6) Selanjutnya dapat dilakukan tindakan perbaikan
Pada modul ini difokuskan pada mengisolasi permasalahan melalui langkah-langkah prosedur mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral.
Prosedur Test
Untuk lebih mudahnya test dilakukan dengan bantuan beberapa peralatan luar, antara lain printer yang terpasang pada paralel port atau USB port, mouse terpasang pada PS/2 atau serial port, monitor yang selalu terpasang pada VGA card, disket untuk pengujian disk drive dan CD untuk CD ROM drive. Adapun urutan prosedur test yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1) Semua peralatan dipasang sesuai port yang dibutuhkan. Khusus mouse sebaiknya dipasang pada serial port (COM1, COM2, PS/2) secara bergantian.
2) Booting Komputer, POST akan mengecek semua saluran I/O dan alamat I/O. Jika tidak bermasalah maka semua I/O yang tersedia berfungsi dengan baik. Khusus mouse sebaiknya dipasang pada serial port (COM1, COM2, PS/2) secara bergantian.
3) Pengecekkan fungsi Keyboard dan Mouse.
4) Pengecekkan tampilan pada layar monitor, Jika tidak bermasalah maka setting layar monitor dapat dimaksimalkan.
5) Pengecekkan port paralel dan USB melalui program aplikasi Microsoft word.
6) Pengecekkan pembacaan disk dan CDROM melalui Windows Explorer.
7) Pengecekkan kemungkinan-kemungkinan kerusakan hardware dan software. Instalasi komponen hardware, secara bergantian dilepas dan dipasang kembali (saat melepas dan memasang komponen hardware kondisi PC harus dimatikan terlebih dahulu) kemudian komputer dihidupkan kembali. Amati dan catat kondisi yang terjadi.
8) Pengecekkan pada PC, apabila driver hardware dihapus dan kemudian diinstal kembali.
9) Mengidentifikasi permasalahan.
10) Menganalisis permasalahan.
11) Mengklasifikasikan permasalahan.
12) Menentukan hipotesa awal penyebab masalah.
13) Mengisolasi permasalahan.
Apabila dalam tes terdapat permasalahan maka lakukan langkah 9 sampai dengan 13.
III. Metode Pembelajaran
Informasi, praktek, tutorial, kerja kelompok
. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal ;
1. Salam pembuka.
2. Memberikan pertanyaan permasalahan yang sering muncul pada PC
B. Kegiatan Inti ;
1. Menjelaskan urutan pemeriksaan dan diagnosa permasalahan
2. Menunjukkan pro-sedur pengisolasian masalah pada peng-operasian PC dan periferal
3. Mengisolasi perma-salahan yang timbul saat pengoperasian PC stand alone dan periferalnya
C. Kegiatan akhir ;
1. Mengikuti prosedur pemeriksaan dalam mendiagnosa permasalahan
2. Memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber perma-salahan
3. Guru memberikan penguatan kembali tentang masalah yang muncul pada PC
4. Guru memberikan penilaian
V . Alat / Bahan / Sumber Belajar
Buku Konsep hardware PC, Mainboard, Processor, Memori, Harddisk, PSU, Keyboard, Mouse dan Pheripheral PC
VI. Penilaian :
Uji Kompetensi Materi
1. Uji Kompetemsi Kognitif
2. Uji Pengetahuan Konsep
3. Uji Pemahaman Konsep
1. Soal-soal Pilihan Ganda
2. Soal-soal Essai Penjelasan Bebas
Menyimpulkan tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan
4.22.2009
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dedi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
:f:D:)
Posting Komentar